Friday, August 3, 2018

Naskah Khutbah Jumat Singkat: Dzulhijjah Bulan Haji dan Pelaksanaan QS Al-Kautsar

Inilah Islam | Friday, August 3, 2018
Naskah Khutbah Jumat Singkat: Dzulhijjah Bulan Pelaksanaan QS Al-Kautsar. Materi Khotbah Jumat 3 Agustus 2018/21 Dzulqa'dah 1439 H dengan tema Kurban & Idul Adha.

[Bacaan Pembuka Khotbah Jumat]

إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهْ وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْهُ فَلاَ هَادِيَ لَهُ.
وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ.
اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ.
يَا أَيُّهَا النَّاسُ أُوْصِيْكُمْ وَإِيَّايَ بِتَقْوَى اللهِ فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ.
قَالَ تَعَالَى: يَا أَيُّهاَ الَّذِيْنَ ءَامَنُوا اتَّقُوا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنتُمْ مُّسْلِمُوْنَ.
قَالَ تَعَالَى: يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوْا رَبَّكُمُ الَّذِيْ خَلَقَكُمْ مِّنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالاً كَثِيْرًا وَنِسَآءً وَاتَّقُوا اللهَ الَّذِيْ تَسَآءَلُوْنَ بِهِ وَاْلأَرْحَامَ إِنَّ اللهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيْبًا.
يَا أَيُّهَا الَّذِيْنَ ءَامَنُوا اتَّقُوا اللهَ وَقُوْلُوْا قَوْلاً سَدِيْدًا. يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوْبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللهَ وَرَسُوْلَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيْمًا.

Ma'asyirol Muslimin Rohimakumullah

Saat ini kita berada di bulan Dzulqo'dah, yaitu salah satu bulan yang disucikan Allah SWT, selain bulan Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab.

Setelah bulan Dzulqa'dah, kita memasuki bulan Dzulhijjah, bulan pelaksanaan salah satu rukun Islam, yakni Ibadah Haji.

Di bulan Dzulhijjah juga kita bertemu dengan salah satu dari dua hari raya umat Islam selain Idul Fitri, yakni hari raya Idul Adha atau Idul Qurban.

Bulan Dzulhijjah adalah bulan terakhir dalam sistem kalender Islam. Di bulan inilah umat Islam melaksanakan ibadah haji serta ibadah kurban bagi yang mampu.

Bulan Dzulhijjah adalah bulan pelaksanaan QS Al-Kaustar, khususnya perintah "wanhar", yakni ibadah kurban bagi yang mampu atau memiliki keluasan harta.

Dalam Shahih Muslim disebutkan, Anas r.a. berkata: 

"Suatu saat Rasulullah Saw di sisi kami dan saat itu beliau dalam keadaan tidur ringan (tidak nyenyak). Lantas beliau mengangkat kepala dan tersenyum.  Kami pun bertanya: “Mengapa engkau tertawa, wahai Rasulullah?”

Rasulullah Saw menjawab: “Baru saja turun kepadaku suatu surat.” 

Lalu beliau membaca QS Al Kautsar: 1-3 

QS Al-Kautsar

"Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak. Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu dan berkurbanlah. Sesungguhnya orang yang membencimu itu terputus (dari rahmat Allah)".

Kemudian beliau Saw berkata, “Tahukah kalian apa itu Al Kautsar?” “Allah dan Rasul-Nya yang lebih mengetahui”, jawab kami. Rasulullah Saw bersabda:

“Al Kautsar adalah sungai yang dijanjikan oleh Rabbku ‘azza wa jalla. Sungai tersebut memiliki kebaikan yang banyak. Ia adalah telaga yang nanti akan didatangi oleh umatku pada hari kiamat nanti. Bejana (gelas) di telaga tersebut sejumlah bintang di langit. Namun ada dari sebagian hamba yang tidak bisa minum dari telaga tersebut. Allah berfirman: Tidakkah engkau tahu bahwa mereka telah berbuat bid’ah sesudahmu.” (HR. Muslim, Abu Daud, Nasa’i).

Ma'asyiral Muslimin Rahimakulullah!

Di bulan Dzulhijjah inilah kita melaksanakan perintah Allah dalam QS Al-Kautsar tersebut, yakni ibadah kurban.

Ibadah kurban bertujuan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Saat jutaan umat Islam beribadah haji di Makkah, Arab Saudi, maka kita di tanah air pun melaksanakan ibadah lain, yakni ibadah kurban ini.

Hukum Ibadah Kurban adalah sunnah muakkadah, yakni sunnah yang sangat dianjurkan, khususnya bagi mereka yang memiliki kelebihan harta.

مَنْ كَانَ عِنْدَهُ سَعَةً فَلَمْ يُضَحِّ فَلَا يَقْرَبَنَّ مُصَلَّانَا

“Siapa yang memiliki kelonggaran tapi tidak berkurban, maka janganlah mendekati tempat pelaksanaan shalat (ied) kami” (HR. Ibnu Majah; Hasan)

Barokallahu li walakum

Khotbah Kedua

Naskah Khutbah Jumat Singkat


اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ اَلأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالأَمْوَاتِ اِنَّكَ سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدَّعْوَاتِ.رَبَّنَا لاَ تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِن لَّدُنْكَ رَحْمَةً إِنَّكَ أَنْتَ ٱلْوَهَّابُرَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنفُسَنَا وَإِن لَّمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُونَنَّ مِنَ الْخَاسِرِينَرَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ
وصلى الله على نبينا محمد وعلى اله وصحبه أجمعينسُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُونَ وَسَلَامٌ عَلَى 

Previous
« Prev Post

No comments on Naskah Khutbah Jumat Singkat: Dzulhijjah Bulan Haji dan Pelaksanaan QS Al-Kautsar

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *