Tuesday, April 28, 2020

7 Aplikasi Al-Quran Online untuk Tadarus via HP

Inilah Islam | Tuesday, April 28, 2020
Aplikasi Al-Quran Online untuk Tadarus via HP

BULAN Ramadhan disebut juga Bulan Al-Quran (Syahrul Qur'an). Membaca Quran secara online ataupun offline dianjurkan untuk menghidupkan Ramadan.

Berikut ini beberapa Aplikasi Al-Quran Online untuk di HP Smartphone Anda dan bertadarus di Bulan Ramadan.

Aplikasi Al-Quran Online untuk HP 

Berikut ini Aplikasi Al-Quran Online untuk Tadarus di Bulan Ramadan ataupun di bulan lainnya.

1. Qur’an Kemenag


Qur’an Kemenag


Aplikasi Qur’an Kemenag ini dikembangkan Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI). Aplikasi ini sengaja dibuat oleh Kemenag untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan Mushaf Al-Quran Online atau Mushaf Quran Digital. Aplikasi ini tersedia untuk versi Android, IOS dan Website.
2. MyQuran Al Quran


MyQuran Al Quran

MyQuran Al Quran dikembangkan oleh pengembang asal Jawa Barat, The Wali Studio. Keunggulan MyQuran Al Quran memiliki terjemahan bahasa Indonesia, bisa dibaca secara offline, menyediakan berbagai tema warna.

Aplikasi ini dilengkapi dengan audio murottal. Aplikasi ini sudah tersertifikasi oleh Kementerian Agama RI.
3. Al Quran Indonesia


Al Quran Indonesia

Aplikasi Al-Quran Online untuk Tadarus bernama Al Quran Indonesia ini menawarkan kemudahan untuk tadarus melalui smartphone (HP). 

Aplikasi Quran Digital ini berisi 114 surah atau 30 juz Al Quran lengkap dengan terjemahan bahasa Indonesia, daftar audio murottal dan bisa dibaca secara offline.

Aplikasi Quran Online ini juga memiliki  jadwal sholat, kalender hijriah, dan arah kiblat.
4. Al-Quran Bahasa Indonesia


Al-Quran Bahasa Indonesia

Aplikasi Al-Quran Bahasa Indonesia ini menyediakan fitur pencarian berdasarkan nama ayat, nama surat, dan lokasi surat diturunkan, apakah di Mekkah dan Madinah.

5. E-Quran Kitab Suci Qur’an


E-Quran Kitab Suci Qur’an

Aplikasi Al-Quran Online ini tersedia gratis sebagaiana yang lain. Tersedia audio murrotal serta dan terjemahan dalam format bahasa Indonesia, Belanda, Inggris, Spanyol, Perancis, Italia, dan Mandarin.

6. Al-Quran Bahasa Indonesia


Al-Quran Bahasa Indonesia

Al’Quran Bahasa Indonesia menawarkan kemudahan untuk membaca tadarus melalui smartphone. Tersedia 114 surah atau 30 juz Al Quran lengkap dengan terjemahan bahasa Indonesia dan daftar audio murottal. Anda bisa membagikan kutipan ayat ke media sosial.

7. Al Quran Lengkap Bacaan Latin & Terjemah Indonesia

Al Quran Lengkap Bacaan Latin & Terjemah Indonesia

Aplikasi Al-Quran Online ini lengkap Bacaan Latin & Terjemah Indonesia. Aplikasi ini menyediakan Al Quran dalam format digital melalui aplikasi. 

Demikian Aplikasi Al-Quran Online untuk Tadarus di Bulan Ramadan.

Membaca Al-Quran atau tadarus juga dilakukan Nabi Muhammad Saw bersama Malaikat Jibril di bulan Ramadhan.

عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَجْوَدَ النَّاسِ وَكَانَ أَجْوَدُ مَا يَكُونُ فِي رَمَضَانَ حِينَ يَلْقَاهُ جِبْرِيلُ وَكَانَ يَلْقَاهُ فِي كُلِّ لَيْلَةٍ مِنْ رَمَضَانَ فَيُدَارِسُهُ الْقُرْآنَ فَلَرَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَجْوَدُ بِالْخَيْرِ مِنْ الرِّيحِ الْمُرْسَلَةِ

Dari Ibnu Abbas berkata, “Rasulullah Saw adalah manusia yang paling lembut terutama pada bulan Ramadhan ketika malaikat Jibril As menemuinya, dan adalah Jibril mendatanginya setiap malam di bulan Ramadhan, dimana Jibril mengajarkannya Al-Quran. Sungguh Rasulullah Saw orang yang paling lembut daripada angin yang berhembus” (HR. Bukhari).*

Previous
« Prev Post

No comments on 7 Aplikasi Al-Quran Online untuk Tadarus via HP

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *