Dzikir Setelah Shalat Magrib


Dzikir Setelah Shalat Magrib?
Hukum Dzikir Setelah Shalat Magrib.
Kalau sesudah shalat magrib kemudian berdzikir, apakah itu melebih-lebihkan?

JAWAB: Wa’alaikum salam wr. Wb. Tidak, dzikir bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja, khususnya ba’da shalat.

Dzikir itu maknanya luas, bisa berarti mengingat Allah dengan bacaan tertentu, misalnya tahmid atau tasbih, bisa juga berupa mengkaji ilmu agama karena dengan mengkaji atau mendalami ilmu agama (Islam) otomatis mengingat Allah (perintah dan larangan-Nya).

Rasulullah Saw menyebutkan keutamaan suatu jama’ah yang berdzikir:

“Tidaklah suatu kaum yang duduk-duduk, mengingat Allah Ta’ala kecuali dikelilingi malaikat, diliputi rahmat, turun kepada mereka sakinah dan Allah menyebutkan mereka pada para mahluk disisi-Nya.” (HR Muslim).

Dari Muawiyah ra berkata, Rasulullah Saw keluar melihat halaqah dzikir para sahabat dan bertanya:” Apa yang membuatmu duduk-duduk?” Sahabat menjawab:” Kami duduk-duduk melakukan dzikrullah, memuji-Nya atas hidayah Islam kepada kami dan memberi karunia kepada kami”. Rasul berkata: Allah, tidakkah engkau duduk kecuali karena itu?” 

Sahabat menjawab: ”Demi Allah tidaklah kami duduk-duduk kecuali karena alasan tersebut. Rasul bersabda; ”Saya tidak bersumpah menuduh kalian, tetapi Jibril datang padaku, bahwa Allah Ta’ala membanggakan kalian dihadapan para malaikat” (HR Muslim). Wallahu a’lam bish-showabi.*

Terima kasih sudah membaca Dzikir Setelah Shalat Magrib. Mari sebarkan kebaikan!

Previous
« Prev Post

Artikel tentang Islam & Muslim lainnya

Inilah Islam
Inilah IslamUpdated: Tuesday, July 22, 2014

0 comments:

Post a Comment