Mukmin Itu Sedikit Bicara Banyak Beramal

Seorang Mukmin itu sedikit bicara, lebih banyak diam, namun lebih banyak lagi beramal (aksi). Sekalinya dia bicara, maka yang dibicarakannya adalah kebenaran dan hikmah.

Imam Musa bin Jakfar as berkata: "…Wahai Hisyam! Rasulullah Saw bersabda, ketika kalian melihat seorang mukmin diam, maka dekati dia.Karena dia akan mengemukakan hikmah dan orang mukmin yang sedikit berbicara maka dia banyak beramal sedangkan orang munafik banyak berbicara sedikit beramal."

Ayatullah Mojtaba Tehrani menjelaskan hadis tersebut dan mengatakan, "Ketika kita melihat seorang mukmin yang cenderung diam, maka kita dianjurkan untuk mendekati dia karena orang mukmin seperti ini hanya mengatakan kebenaran yang juga berarti hikmah."

"Selanjutnya Rasulullah menyifati orang mukmin dengan lebih sedikit berbicara dan banyak beramal. Yand dimaksud adalah bahwa orang mukmin itu sedikit mengemukakan hal-hal baik akan tetapi lebih banyak melakukan kebajikan. Pada intinya orang mukmin itu sedikit berbicara tapi tidak dari sisi amal, karena paling banyak beramal."

"Sebaliknya, adalah orang munafik, mereka bukan saja banyak berbicara melainkan juga sedikit beramal. Dengan demikian orang mukmin tidak memisahkan antara ucapan dan amalnya, keduanya dimasukkan dalam amalnya. Karena pada hakikatnya ini semua adalah amal manusia yang akan tercatat dan dihisab kelak. Oleh karena Rasulullah menilai orang mukmin itu pendiam, tidak banyak berbicara, karena ucapan dan apa yang dilakukannya termasuk dalam amalnya." Wallahu a'lam.*

Terima kasih sudah membaca Mukmin Itu Sedikit Bicara Banyak Beramal. Mari sebarkan kebaikan!

Previous
« Prev Post

Artikel tentang Islam & Muslim lainnya

Inilah Islam
Inilah IslamUpdated: Tuesday, October 08, 2013

0 comments:

Post a Comment