Pengertian Hasbunallah Wani'mal Wakil

hasbunSAAT kita dihimpit masalah, dirundung duka, dibebani kesulitan hidup, juga merasa berada dalam ancaman, maka ucapkanlah doa atau dzikir:

 “Hasbunallah wani’mal-wakîl, ni’mal-mawlâ, wani’man-nashîr"

Artrinya: "Cukuplah Allah tempat berserah diri bagi kami,  sebaik-baik pelindung kami, dan sebaik-baik penolong kami".

Makna Hasbunallah Wani'mal Wakil
Doa "Hasbunallah Wani'mal Wakil..." tersebut berisi pernyataan ketergantungan kita kepada Allah SWT, memohon perlindungan-Nya, dan mengembalikan semua masalah kepada-Nya. Doa "Hasbunallah Wani'mal Wakil..." ini tercantum dalam Al-Quran dan Hadits.

 “(Yaitu) orang-orang (yang menta’ati Allah dan Rasul) yang kepada mereka ada orang-orang yang mengatakan:”Sesungguhnya manusia telah mengumpulkan pasukan untuk menyerang kamu, karena itu takutlah kepada mereka”, maka perkataan itu menambah keimanan mereka dan mereka menjawab: “HasbunalLâh Wani’mal-Wakîl”, Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung”. (QS. 3:173).

“Dan jika mereka berpaling, maka ketahuilah bahwasanya Allah Pelindungmu. Dia adalah sebaik-baik Pelindung dan sebaik-baik Penolong [Ni'mal-Mawla Wani'man-Nashîr]“. (QS. 8:40).

"Nabi Saw datang pada hari Perang Uhud, lalu ada yang berkata, 'Wahai Rasulullah, sesungguhnya orang-orang (kafir) telah mengumpulkan pasukan untuk menyerangmu, maka takutlah kepada mereka!' Lalu beliau Saw mengucapkan 'Hasbunallah wani'mal wakil, kemudian Allah menurunkann ayat: "Sesungguhnya manusia telah mengumpulkan pasukan untuk menyerang kamu, karena itu takutlah kepada mereka," maka perkataan itu menambah keimanan mereka dan mereka menjawab, "Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung". (HR. Bukhari).

Setiap Muslim harus mengamalkan doa atau dzikir tersebut. Selain sebagai perwujudan sikap tauhid (mengesakan Allah), juga menegaskan keimanan bahwa Allah Maha Berkuasa segala sesuatu dan kita yakin akan kekuasaan-Nya yang bisa melindungi kita dari segala keburukan. Wallahu a’lam.*

Terima kasih sudah membaca Pengertian Hasbunallah Wani'mal Wakil. Mari sebarkan kebaikan!

Previous
« Prev Post

Artikel tentang Islam & Muslim lainnya

Inilah Islam
Inilah IslamUpdated: Monday, September 23, 2013

15 comments:

  1. Jazakumullah Khairan Katsiran

    izin share mas.

    ReplyDelete
  2. As salam tuan laman..mohon share.tk.

    ReplyDelete
  3. Terimakasih admin artikelnya,,smg admin sllu dlm lindungn Allah

    ReplyDelete
  4. Mohon share dan diamalkan...ameen..

    ReplyDelete
  5. Mohon izin untuk di amalkan .... InsyaAllah

    ReplyDelete
  6. Ass.wr.wb...Alhmdulillah dapat i!mu dari baca....tulisan tsb. Namun dalam hati ingin tanya....apakah...amalan2 seperti dzikir doa itu ada yg tergolong bid,ah...? Sebab saya kecil waktu ngaji disuruh baca ini baca itu....nggak bidah sekarang kok jadi bidah...apa bidah hanya ada dizaman akhir...? trim...www.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumussalam Wr. Wb.

      Pahami dulu apa itu Bid'ah, biar tidak salah dan tidak mudah di bohongi oleh orang2 yang fakir ilmu. Belajar disini : http://bit.ly/101bidah. Bid'ah itu sudah ada sejak dari dahulu, atau tepatnya sejak Rasulullah Sholallahu'alaihi Wasallam wafat. Kalau anda dulu tidak tahu, berarti itu karena dulu anda masih fakir Ilmu. Pun dengan saya, dulu fakir ilmu, sehingga belum tahu apa itu bid'ah.

      Jazakamallahu Khairan Katsiran

      Delete
  7. Betapa berdosa kita bila mengenyampingkan ALLAH dalam segala hal...

    ReplyDelete