Thursday, February 2, 2012

Pengertian Silaturahmi

Inilah Islam | Thursday, February 2, 2012
Pengertian Silaturahmi

Silaturahmi (kata baku bahasa Indonesia) atau silaturahim (Arab: shilah al-rahim) terdiri dari kata shilah --yang terambil dari akar kata washala yang berarti menyambung-- dan ar-rahim yang pada mulanya berasal dari nama Allah, lalu diberikannya kepada makhluk untuk menunjuk pada sesuatu yang  menjadi penyebab kasih-sayang, yakni “rahim/peranakan”.

Siaturahmi artinya menyambung tali kekeluagaan, menyambung hubungan baik, atau menjalin kasih sayang.

Kamus bahasa Indonesia (KBBI) mengartikan silaturahmi dengan "tali persahabatan (persaudaraan)".

Walaupun dalam Al-Quran tidak terdapat istilah shilaturahim, namun banyak ayat yang mengisyaratkan pentingnya memelihara shilaturahim, seperti QS Al-Nisa’: 1.

يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالًا كَثِيرًا وَنِسَاءً ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ الَّذِي تَسَاءَلُونَ بِهِ وَالْأَرْحَامَ ۚ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا

“Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari seorang diri, dan dari padanya Allah menciptakan isterinya; dan dari pada keduanya Allah memperkembang biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu" (QS An-Nisa:1)
Di samping perintah di atas, ada juga ayat yang mengecam orang-orang yang  memutuskannya, seperti:

فَهَلْ عَسَيْتُمْ إِنْ تَوَلَّيْتُمْ أَنْ تُفْسِدُوا فِي الْأَرْضِ وَتُقَطِّعُوا أَرْحَامَكُمْ.أُولَٰئِكَ الَّذِينَ لَعَنَهُمُ اللَّهُ فَأَصَمَّهُمْ وَأَعْمَىٰ أَبْصَارَهُمْ

Maka apakah kiranya jika kamu berkuasa akan membuat kerusakan di bumi dan memutuskan hubungan kekeluargaan? Mereka itulah orang-orang yang dikutuk Allah; ditulikan-Nya telinga mereka dan dibutakan-Nya pula mata mereka”  (QS Muhammad [47]: 22-23). 

Demikian pengertian Silaturahmi atau Silaturahim. Wallahu a'lam.*

Previous
« Prev Post

No comments on Pengertian Silaturahmi

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *