Wednesday, November 21, 2012

Ibu Tiri dalam Pandangan Islam

Inilah Islam | Wednesday, November 21, 2012
ibu tiri
KEDUDUKAN ibu tiri dalam pandangan Islam sama dengan kedudukan ibu kandung dan mempunyai hak yang sama dengan ibu kandung yang harus dihormati.

Bagi ayah (suami), status ibu tiri sama dengan kedudukan seorang istri. Hak dan kewajibannya sama dengan hak dan kewajiban seorang istri terhadap suaminya.

Tidak ditemukan dalam Al-Quran atau hadits yang secara khusus berbicara tentang ibu tiri  karena memang ibu tiri hakikatnya sama dengan ibu kandung karena ia adalah istri bapaknya anak tersebut.

Islam menegaskan anak harus berbuat baik kepada kedua orangtuanya.

"Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia, dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya, atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka janganlah sekali-kali engkau mengatakan kepada keduanya perkataan "ah!" - Jangan pula engkau membentak mereka, dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia. Rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan, dan ucapkanlah: "Wahai Tuhanku! Sayangilah mereka berdua, sebagaimana mereka berdua telah menyayangi aku semenjak kecil." (QS. 17:23-24). Wallahu a'lam.
Previous
« Prev Post

No comments on Ibu Tiri dalam Pandangan Islam

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *