SMS dan Telepon Mesra Membatalkan Puasa?

Apakah SMS dan Telepon Mesra Membatalkan Puasa?

SMS dan Telepon Mesra Membatalkan Puasa?
Assalamu'alaikum Wr, Wb. mau nanya pak ustad klo smsan mesra atau telpon telponan mesra di bulan puasa hukumnya apa. Apakah bisa menghapus pahala puasa kita.

JAWAB: Wa’alaikum salam Wr. Wb. Secara fiqih hal yang Anda sebutkan tidak termasuk yang membatalkan puasa, jadi puasa Anda tidak batal jika. Jika SMS-an atau Tlp dengan istri/suami dengan mesra, tentu tidak berdosa; namun jika dengan bukan muhrim, itu bisa termasuk kategori “mendekati zina” yang dilarang, berdosa, dan puasa Anda tetap sah namun kemungkinan ternoda oleh perbuatan tersebut.

Hal yang bisa membatalkan pahasa puasa adalah berkata jorok atau kotor.

“Puasa itu adalah perisai, jika salah seorang dari kalian sedang berpuasa, maka janganlah mengucapkan ucapan kotor, dan jangan pula bertindak bodoh, jika ada seseorang yang mencelanya atau mengganggunya, hendaklah mengucapkan: sesungguhnya aku sedang berpuasa.” (HR. Bukhari).

“Barangsiapa yang tidak meninggalkan ucapan yang haram dan mengamalkannya, ataupun bertindak bodoh, maka Allah tidak butuh dengan upaya dia dalam meninggalkan makan dan minumnya”. (HR Bukhari). Wallahu a’lam bish-showabi.*

Terima kasih sudah membaca SMS dan Telepon Mesra Membatalkan Puasa?. Mari sebarkan kebaikan!

Previous
« Prev Post

Artikel tentang Islam & Muslim lainnya

Inilah Islam
Inilah IslamUpdated: Monday, June 30, 2014

0 comments:

Post a Comment