Niat Baik Itu Berpahala

menanam kebaikan
PUNYA niat berbuat baik? Misalnya, menolong sesama yang sedang susah, sedekah, atau amal baik lainnya? Insya Allah, niat baik itu sudah dicatat oleh Allah sebagai sebuah kebaikan.

Niat baik itu berpahala, meski tidak jadi dilaksanakan. Pahala kebaikan itu akan dilipatgandakan menjadi 10 kali lipat jika niat baik itu benar-benar dilaksanakan.

"Allah mencatat kebaikan dan  keburukan kemudian menjelaskannya.  Barangsiapa ber-himmah (niat) amal kebaikan dan kemudian tidak mengerjakannya, maka Allah mencatat baginya kebaikan yang sempurna. Apabila ia berniat kebaikan dan mengerjakannya, Allah membalasnya 10 kebaikan sampai 700 kali lipat lebih banyak.  Dan apabila berniat keburukan kemudian tidak mengerjakannya, Allah mencatatnya kebaikan yang sempurna.  Dan apabila berniat buruk dan mengerjakannya, Allah mencatat dengan satu keburukan" (HR.  Bukhari dan Muslim).

Masya Allah.... Betapa Maha Kasih Allah SWT. Niat saja sudah dibalas kebaikan (pahala). Maka, mari kita senantiasa berbuat baik agar hidup ini berkah.

Makna kebaikan sangat luas. Dalam Islam  disebut amal saleh, al-birru, dan ihsan, yang merujuk pada kewajiban sebagai Muslim, seperti shalat, zakat, puasa, haji, menolong sesama, menuntut ilmu, membaca Al-Quran, dzikir, berdoa, hingga tersenyum kepada sesama dan menyingkirkan duri di tengah jalan.

Pahala dari Allah SWT dapat berbentuk nikmat, ketenangan jiwa, rezeki, terhindari dari bahaya, teratasinya masalah, jalan keluar dari sebuah kesulitan, dan di akhirat pahala itu berupa terhindar dari neraka alias masuk surga.

Mari senantiasa berusaha menanam kebaikan agar menuai kebaikan pula. Semoga Allah SWT senantiasa memberi kita hidahay agar kita selalu berniat baik dan bertekad serta benar-benar melaksanakan kebaikan. Amin....! Wallahu a’lam.*

Terima kasih sudah membaca Niat Baik Itu Berpahala. Mari sebarkan kebaikan!

Previous
« Prev Post

Artikel tentang Islam & Muslim lainnya

Inilah Islam
Inilah IslamUpdated: Wednesday, May 14, 2014

0 comments:

Post a Comment