Inilah Ujian bagi Orang Beriman

Ujian bagi Orang Beriman
ORANG beriman (mukmin) adalah sebutan bagi orang yang menganut agama apa pun, khususnya agama Islam. Dalam agama Islam, iman artinya percaya atau yakin atas adanya Allah SWT dan siap menaati apa pun yang diperintahkan-Nya dan menjauhi apa pun yang dilarang-Nya.

Ketika seseorang mengaku beriman kepada Allah, maka Dia akan membuktikan keseriusan atau kebenatan pengakuannya itu dengan sejumlah ujian. Allah tidak akan membiarkan seseorang mengaku beriman, lalu membiarkannya begitu saja. Iman harus dibuktikan dengan amal atau perbuatan nyata.

"Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: 'Kami telah beriman', sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sesungguhnya kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta" (QS. Al-Ankabut : 2-3).

Ujian bagi Orang Beriman
Dalam Al-Quran, Allah SWT mengingatkan orang beriman (kaum mukmin) akan mendapatkan ujian demi kebaikan orang beriman sendiri.

Ujian bagi orang beriman itu antara lain:
1. Ujian Kebaikan dan keburukan

"Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya)." (QS. 21 : 35).

2. Ujian Kesenangan dan Kesusahan.

“Adapun manusia apabila Rabb-nya mengujinya lalu dimuliakan-Nya dan diberi-Nya kesenangan, maka dia berkata, “Rabb-ku telah memuliakanku .” Adapun bila Rabb-nya mengujinya lalu membatasi rezekinya maka dia berkata, “Rabb-ku menghinakanku.” (QS. 89 : 15-16).

3. Ujian Harta dan Diri. 

"Kamu sungguh-sungguh akan diuji terhadap hartamu dan dirimu. Dan (juga) kamu sungguh-sungguh akan mendengar dari orang-orang yang diberi kitab sebelum kamu dan dari orang-orang yang mempersekutukan Allah, gangguan yang banyak yang menyakitkan hati. Jika kamu bersabar dan bertakwa, maka sesungguhnya yang demikian itu termasuk urusan yang patut diutamakan." (QS 3:186).

4. Pangkat atau jabatan (QS 6:165)

"Dan Dialah yang menjadikan kamu penguasa-penguasa di bumi dan Dia meninggikan sebahagian kamu atas sebahagian (yang lain) beberapa derajat, untuk mengujimu tentang apa yang diberikan-Nya kepadamu. Sesungguhnya Tuhanmu amat cepat siksaan-Nya dan sesungguhnya Dia Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (QS 6:165).

Ujian Lainnya
Dalam sebuah haditsnya yang diriwayatkan dari Anas bin Malik Rasulullah SAW bersabda:

“Setiap mukmin dihadapkan pada lima ujian; mukmin yang menghasudnya, munafik yang membencinya, kafir yang memeranginya, nafsu yang menentangnya, dan setan yang selalu menyesatkannya.” (HR. Ad-Dailami). Wallahu a'lam bish-showab. (www.inilahrisalahislam.blogpsot.com).***

Terima kasih sudah membaca Inilah Ujian bagi Orang Beriman. Mari sebarkan kebaikan!

Previous
« Prev Post

Artikel tentang Islam & Muslim lainnya

Inilah Islam
Inilah IslamUpdated: Friday, October 18, 2013

0 comments:

Post a Comment