Asal Nama Hari Jumat

hari jumat
Jumat adalah hari keenam dalam satu pekan. Kata Jumat diambil dari Bahasa Arab, Jumu'ah yang berarti ramai, yaitu ramah orang (kaum Muslim) di masjid karena pada hari Jumat umat Islam beribadah shalat Jumat yang harus dilakukan di masjid secara berjamaah.

Nama lain lagi untuk hari ini adalah Sukra, yang diambil dari bahasa Sanskerta yang berarti planet Venus, mirip dengan pengertian dalam bahasa-bahasa di Eropa.

Nama-nama hari dalam bahasa Indonesia semuanya diambil dari bahasa Arab, kecuali Jumat, Sabtu, dan Minggu.

Minggu dari Domingo (Portugis). Sabtu dari "Sabbath", hari ibadah Bani Israil.
1. Minggu = Ahad = Pertama = Hari Pertama
2. Senin = Itsnain = Dua = Hari Kedua
3. Selasa = Tsalatsa = Tiga = Hari Ketiga
4. Rabu = 'Arba'ah = Empat = Hari Keempat
5. Kamis = Khomsah = Lima = Hari Kelima
6. Jumat = Jama'ah = Kumpulan = berkumpul di masjid/
7. Sabtu = Sabbat = hari ibadah Bani Israil.

Hari Jum’at adalah sayyidul ayyam, yaitu penghulu semua hari. Hari Jum’at mempunyai keistemewaan dibandingkan hari lain. Menurut sebagian riwayat, kata Jum’at diambil dari kata jama’a yang artinya "berkumpul", yaitu hari perjumpaan atau hari bertemunya Nabi Adam dan Siti Hawa di Jabal Rahmah.

Kata Jum’at juga bisa diartikan sebagai waktu berkumpulnya umat muslim untuk melaksanakan kebaikan –shalat Jum’at. Itulah Asal Nama Hari Jumat.

Salah satu bukti keistimewaan hari Jum’at adalah disyariatkannya sholat Jum’at, yaitu shalat Zhuhur berjamaah pada hari Jum’at --dikenal juga dengan sebuta Jum’atan. Bahkan mandinya hari Jum’at pun mengandung unsur ibadah, karena hukumnya sunnah. Wallahu a'lam. (www.inilahrisalahislam.blogspot.com).*

Terima kasih sudah membaca Asal Nama Hari Jumat. Mari sebarkan kebaikan!

Previous
« Prev Post

Artikel tentang Islam & Muslim lainnya

Inilah Islam
Inilah IslamUpdated: Friday, October 04, 2013

0 comments:

Post a Comment