Jangan Takut & Maksiat! Allah SWT Selalu Mengawasi

ayat kursi
Ingat! Allah SWT Selalu Mengawasi Kita. Dia tidak pernah tidur, bahkan tidak pernah mengantuk sekalipun, sebagaimana ditegaskan dalam "Ayat Qursy": Laa ta-khudzuhu sinatuw-walaa naum. (QS. Al-Baqarah : 255).

Kesadaran akan selalu adanya pengawasan Allah SWT di satu sisi selalu membuat kita tenang, tidak takut apa pun selama kita berada di Jalan-Nya. (Itulah sebabnya orangtua kita dulu menyuruh kita baca Ayat Kursi kalau merasa takut).

Di sisi lain, kesadaran itu juga membuat kita senantiasa tidak berani melakukan kemaksiatan.

Kisah yang dimuat dalam buku Kimia Kebahagiaan/The Alchemy of Happiness karangan Imam Al-Ghazali ini menunjukkan betapa besar pengaruh kesadaran akan adanya pengawasan Allah pada perilaku hamba-hamba yang beriman.

SUATU hari seorang Habsy datang kepada Rasulullah dan berkata, "Wahai Rasulullah, saya telah melakukan banyak dosa. Mungkinkah tobat saya bisa diterima?" Nabi menjawab, "Ya."

Kemudian sang Habsy berkata, "Wahai Rasulullah, setiap saya melakukan dosa, adakah Tuhan benar-benar melihatnya?" "Ya," jawab beliau. Sang Habsy pun melontarkan pekikan dan kemudian jatuh tak sadarkan diri.

Sebelum seseorang benar-benar yakin akan kenyataan bahwa ia selalu berada di dalam pengamatan Allah, tidak mungkin ia bertindak di jalan yang benar.

Seorang Syaikh suatu kali mempunyai seorang murid yang ia sayangi lebih dari yang lain, sehingga membangkitkan rasa iri mereka. Suatu hari sang Syaikh memberi masing-masing muridnya seekor unggas dan memerintahkan mereka untuk pergi dan membunuhnya di suatu tempat yang tak ada yang bisa melihat.

Sesuai dengan itu, setiap muridnya membunuh unggasnya di tempat yang tersembunyi dan membawanya kembali, kecuali murid Syaikh yang paling disayanginya itu. Ia membawa kembali unggas itu dalam keadaan hidup seraya berkata, "Saya tak bisa menemukan tempat seperti itu, karena Allah selalu melihatku di mana-mana."

Sang Syaikh pun berkata kepada muridnya yang lain, "Sekarang kamu tahu tingkatan anak muda ini. Ia telah mencapai tingkat selalu mengingat Allah." Wallahu a'lam.  (www.inilahrisalahislam.blogspot.com).*

Terima kasih sudah membaca Jangan Takut & Maksiat! Allah SWT Selalu Mengawasi. Mari sebarkan kebaikan!

Previous
« Prev Post

Artikel tentang Islam & Muslim lainnya

Inilah Islam
Inilah IslamUpdated: Wednesday, September 25, 2013

0 comments:

Post a Comment