Tuesday, January 15, 2013

Mengamalkan Iman kepada Malaikat

Inilah Islam | Tuesday, January 15, 2013
Iman kepada Malaikat adalah bagian dari iman kepada hal-hal ghaib (Q.S. 2:3). Keberadaan Malaikat dikabarkan Allah melalui wahyu-Nya. Dalil keimanan kepada Malaikat adalah Dalil Naqli (Q.S. 2:177, 2:285, 4:136 dan sejumlah hadits Rasulullah Saw). Malaikat tidak bisa dijangkau akal dan pancaindera karena berada di balik alam materi.
Malaikat adalah hamba-hamba Allah yang terhormat, tidak pernah durhaka kepada Allah, dan senantiasa mengerjakan apa saja yang diperintahkan-Nya (Q.S. 21:26-27, 66:6). Malaikat siap menjalankan tugas untuk menolong orang-orang beriman dan “membisikkan” kepada hati mereka untuk selalu bergembira dan tidak pernah sedih atau takut (Q.S. 8:12, 41:30).
Keimanan kepada para Malaikat minimal dibuktikan dengan adanya kesadaran, bahwa di kiri-kanan kita selalu ada Malaikat pencatat amal (Rakib dan Atid). Kedua Malaikat itu selalu mengawasi perilaku kita dan mencatatnya, untuk kemudian oleh Allah SWT dimintakan pertanggungjawaban kita di akhirat kelak. Dengan adanya kesadaran tersebut, maka perilaku kita akan terkendali. Hanya akan mengarah kepada hal-hal yang diwajibkan dan dibolehkan oleh ajaran Allah semata (syariat Islam). Wallahu a'lam.
Previous
« Prev Post

No comments on Mengamalkan Iman kepada Malaikat

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *