Wednesday, March 21, 2012

Pengertian dan Profil Imam Mahdi

Inilah Islam | Wednesday, March 21, 2012
Pengertian dan Profil Imam Mahdi

Imam Mahdi (الإمام المهدي) adalah nama gelar sebagaimana halnya dengan gelar khalifah, amirul mukminin dan sebagainya.  Imam Mahdi diartikan sebagai “pemimpin yang telah diberi petunjuk”. Imam = pemimpin, Mahdi = yang mendapat petunjuk.

Hadits Nabi Saw menyebutkan, kehadiran Imam Mahdi menunjukkan kiamat segera tiba. Imam Mahdi atau Muhammad Al-Mahdi adalah “seorang Muslim berusia muda yang akan dipilih oleh Allah untuk menghancurkan semua kezhaliman dan menegakkan keadilan di muka bumi sebelum datangnya hari kiamat” (HR. Thabrani, Abu Daud, Al-Hakim).

“Pada akhir zaman akan muncul seorang khalifah yang berasal dari umatku, yang akan melimpahkan harta kekayaan selimpah-limpahnya, dan ia sama sekali tidak akan menghitung-hitungnya” (HR. Muslim dan Ahmad).

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «لَا تَذْهَبُ الدُّنْيَا حَتَّى يَمْلِكَ العَرَبَ رَجُلٌ مِنْ أَهْلِ بَيْتِي يُوَاطِئُ اسْمُهُ اسْمِي

Dari Abdullah bin Mas’ud yang mengatakan bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Tidak kiamat dunia ini sampai seorang laki-laki dari ahli baitku menguasai bangsa Arab. Namanya sesuai dengan namaku. (HR. Al-Tirmidzi).
Kehadiran Imam Mahdi akan membuat murka raja kezaliman yang disebut Dajjal sehingga ia keluar dari persembunyiannya dan berusaha membunuh Imam Mahdi serta pengikutnya. Saat itulah Nabi Isa a.s. turun kembali ke bumi dan bersama-sama Imam Mahdi menghancurkan Dajjal dan pengikutnya. Wallahu a'lam.*

Previous
« Prev Post

No comments on Pengertian dan Profil Imam Mahdi

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *