Thursday, February 2, 2012

Pengertian Fitrah

Inilah Islam | Thursday, February 2, 2012
Pengertian Fitrah
Fitrah berasal dari akar kata f-t-r (fa-tho-ro) dalam bahasa Arab yang berarti “membuka” atau “menguak”.

Fitrah juga mempunyai makna “asal kejadian”, “keadaan yang suci”, dan “kembali ke asal”.

Pengertian Fitrah

Dalam kamus bahasa Indonesia, fitrah diartikan dengan "sifat asal; kesucian; bakat; pembawaan".

Fitrah manusia secara religius adalah beriman Islam.

Tegasnya, fitrah atau keadaan jiwa (ruh) asli umat manusia adalah mengakui ketuhanan Allah Swt (QS. Al-A'raf:172), meyakini syariat Islam, dan siap serta mampu mengamalkannya. Hanya hawa nafsu dan ketidaktahuan (jahil) yang membuat seseorang tidak beriman Islam atau merasa berat mengamalkan syariat Islam.

وَإِذْ أَخَذَ رَبُّكَ مِنْ بَنِي آدَمَ مِنْ ظُهُورِهِمْ ذُرِّيَّتَهُمْ وَأَشْهَدَهُمْ عَلَىٰ أَنْفُسِهِمْ أَلَسْتُ بِرَبِّكُمْ ۖ قَالُوا بَلَىٰ ۛ شَهِدْنَا ۛ أَنْ تَقُولُوا يَوْمَ الْقِيَامَةِ إِنَّا كُنَّا عَنْ هَٰذَا غَافِلِينَ

"Dan (ingatlah), ketika Tuhanmu mengeluarkan keturunan anak-anak Adam dari sulbi mereka dan Allah mengambil kesaksian terhadap jiwa mereka (seraya berfirman): "Bukankah Aku ini Tuhanmu?" Mereka menjawab: "Betul (Engkau Tuhan kami), kami menjadi saksi". (Kami lakukan yang demikian itu) agar di hari kiamat kamu tidak mengatakan: "Sesungguhnya kami (bani Adam) adalah orang-orang yang lengah terhadap ini (keesaan Tuhan)" (QS Al-A'raf:172)

Menurut Imam Bukhari, fitrah manusia itu tidak lain adalah Islam, sebagaimana sabda Rasulullah Saw:

كُلُّ مَوْلُوْدٍ يُوْلَدُ عَلَى الْفِطْرَةِ، فَأَبَوَاهُ يُهَوِّدَانِهِ أَوْ يُمَجِّسَانِهِ أَوْ يُنَصِّرَانِهِ

"Tidak ada seorang pun yang dilahirkan, kecuali ia terlahir dalam keadaan fitrah. Maka orangtuanyalah yang membuatnya jadi seorang Yahudi, Nashrani, atau Majusi" (HR. Bukhari).

Pengertian Fitrah dalam Idul Fitri

Pengertian fitrah dalam istilah Idul Fitri adalah futhur (sarapan, makan pagi). Jadi, Idul Fitri artinya kembali sarapan pagi.

Ada juga yang menduga Idul Fitri artinya kembai ke fitrah. Tidak salah. Itu harapan atau doa agar saat lebaran kita benar-benar kembali ke asal, yaitu bersih tanpa dosa. Amin!

Wallahu a'lam.*

Previous
« Prev Post

No comments on Pengertian Fitrah

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *